Rahasia Dan Kekuatan Ilmu Hikmah

ILMU HIKMAH | ILMU AMALAN | RAHASIA KEKUATAN DOA | RAHASIA KEKUATAN ZIKIR | METAFISIKA | BERITA ISLAM

loading...
Rahasia Dan Kekuatan Ilmu Hikmah translate
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Kumpulan Hadist Nabi Dan Rasul


Kumpulan Hadist, Nabi Dan Rasul,Kumpulan Hadist Nabi Dan Rasul,
Hadist Nabi,Hadist  Nabi Dan Rasul,



1. Hamid Lufaf pernah didatangi oleh seorang lelaki dan berkata: " berilah aku wasiat/pesan yang bermanfaat"
lalu beliau berkata; " jadikanlah pembungkus untuk agamamu, seperti pembungkus shuhuf al-Qur'an"
lalu lelaki itu bertanya; " apakah yg dimaksud pembungkus agama itu??"
beliau jawab: " jangan banyak bicara kecuali memang diharuskan , jangan bnyak bergaul dengan manusia umum kecuali memang diperlukan, dan meninggalkan duniawiyah kecuali memang yang perlu,"

(NashoihulIbaad)


2. Rasulullah saw mengutuk pemakan riba, orang yang mewakilinya, orang yg menulisnya, dan ke dua saksinya" dan beliau bersabda; " mereka itu semua sama (yakni: mereka semua berdosa layaknya orang yg melakukan riba langsung)"
(HR. Muslim)

3. Dari Ibnu mas'ud ra; rasulullah saw bersabda; " setiap orang diantara kalian telah diutus untuknya satu Qorin (teman dari bangsa jin) " para sahabat bertanya; " termasuk andakah ya Rasulallah??"
jawab beliau " tentu saja, termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk islam, karena itulah dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik2 saja "

[HR. Muslim]

4. " saudara-saudariku yang dimuliakan oleh Allah,.. Jika kita punya dendam, kesal, atau kebencian . Ketahuilah hak itu sungguh tidak berguna jika dipendam dihati karna hanya akan menghalangi ketenangan hari2mu dan akan menghalangi kekhusu'an dzikirmu, . Singkirkanlah kebencian itu dan jadikan maafmu sebagai tabungan diahirat kelak, lupakanlah dan pendam semua dendam serta bencimu dgn samudra maaf dihatimu, dan hal itu akan menjadi tabunganmu yg akan kau ambil kelak dihari Qiyamat "

(tausiyah, Habib mundzir almusawwa)

5. Dari samurah bin jundab ra, berkata ; Rasulullah saw bersabda ; " perkataan yang paling Allah sukai ada 4, yaitu
- subhanallah, alhamdulillah, la ilaha illallah, allahu akbar,.
Dan tidak masalah kamu mau mulai dari mana dulu "

[HR. Ahmad]

6. Rasulullah saw bersabda ; " barangsiapa yang senantiasa membiasakan diri meminta ampun kepada Allah, (beristighfar) maka Allah akan menjadikan baginya jalan keluar untuk setiap kesempitan nya, menjadikan kesenangan dari setiap kesedihan nya dan akan diberi rezeki dari arah yang tidak diduga-duga "
(HR. Abu daud)

7. imron bin Husain ra berkata, bahwa Rasulullah saw pernah ditanya ; " wahai Rasulallah ,.. Apakah sudah diketahui orang yang akan menjadi penghuni sorga dan juga orang2 penghuni neraka,..??"
Rasulullah saw jawab; " tentu (karena itulah taqdir azaliyah) " kemudian Rasulullah saw ditanya lagi ; " jadi kalau begitu, untuk apa orang orang harus beramal (yakni: pemikiran orang ini terlalu sempit, bahwa untuk apa manusia beramal baik bila memang mereka sudah ditentukan oleh Allah bakal masuk sorga atau neraka,. Untuk apa beramal?? [ini pertanyaan orang yg keblinger]),
lalu Rasulullah saw menerangkan (sejelas2nya) ; " (begini nak,) jadi setiap orang itu akan dimudahkan oleh Allah untuk melakukan apa yg memang telah ditaqdirkan padanya (yakni: bilamana manusia itu memang ditaqdirkan menjadi Ahli sorga maka amalan nya pun menjadi sangat mudah untuk dilakukan, begitupun sebaliknya,. Dlm bab ini tdk membahas husnul/su'ul khatimah,. Ini membahas bab ikhtiyariyah seorang hamba dlm menjalani taqdir yg telahDitetapkan untuk nya)"

(HR. Muslim)

8. Rasulullah saw bersabda; " Apabila Allah menghendaki kpd seorang hamba suatu kebaikan niscaya Dia jadikan perasaan kaya slalu berada dalam jiwanya, dan menempatkan Taqwa dlm hatinya, Namun bila Allah menhendaki keburukan kpd seorang hamba maka Dia jadikan perasaan Faqir slalu ada dihadapan matanya "

(HR. Bayhaqi dari Abu Hurairah ra)

9. sayyidina Ali ra berkata; " hanya lidah yang mau/bisa berdusta, namun pandangan mata, ayunan kedua tangan, langkah ke dua kaki,dan gerak tubuh akan menafi'kan (menolak) apa yang diucapkan oleh lidah "

10. Rasulullah saw bersabda; " Kalian berdoalah kpd Allah dan kalian yaqin pada pengkabulannya, dan ketahuilah sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doanya orang yg hatinya lalai dan hanya bermain-main "
[HR. AlHakim]
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Hadist Nabi Dan Rasul dengan judul Kumpulan Hadist Nabi Dan Rasul. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ilmuamalan.blogspot.com/2013/05/kumpulan-hadist-nabi-dan-rasul.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Pelita Hati -
loading...
loading...